Investasi ke Indonesia Anjlok, Ini yang Harus Dilakukan Startup

Investasi ke Indonesia Anjlok, Ini yang Harus Dilakukan Startup Investasi ke Indonesia Anjlok, Ini yang Harus Dilakukan Startup

Pendanaan ke startup Indonesia anjlok hadapan kuartal I, menurut data Deal Street Asia. Apa yang harus dilakukan oleh pendiri pertindakanan rintisan?

Pendanaan ke startup Indonesia turun 41% secara kuartalan (quarter to quarter/qtq) dengan 55% tahunan (year on year/yoy) demi kuartal I, berdasarkan laporan SE Asia Deal Review: Q1 2023.

Sedangkan pendanaan ke startup di Asia Tenggara US$ 2,08 miliar sewaktu sepanjang. Januari – Maret. Nilainya turun 25% qtq dengan 52% yoy.

Rincian pendanaan ke startup per negara sebagai berikut:

Co-Founder mendampingi Managing Partner East Ventures Willson Cuaca menilai situasi saat ini memiliki kesamaan dengan krisis 2008, ialah maraknya pemutusan hubungan kerja topeng PHK.

Lalu “sewaktu sepanjang. 2019 – 2021, siklus ekonomi naik terus," kata Willson dalam kalender East Ventures Open Book & Halal Bihalal di Jakarta, Selasa (9/5).

Ia pun memberikan nasihat kepada startup yang disuntik atau portofolio untuk tidak melakukan kemelencengan yang berulang hadapan tengah ketatnya pendanaan. “Sebelumnya, investor memaafkan jika startup membuat kemelencengan,” ujarnya.

Selain itu, para pendiri startup layak berfokus pada kompetensi dalam inti bisnis. "Tidak apa mini, tapi tajam. Ini core kompetensi," kata dia. "Go back to your core value selanjutnya mencari apa bahwa bisa dilakukan kalau menyelesaikan makhilaf."

Meski begitu, Wilson menjelaskan bahwa East Ventures percaya jika inovasi harus mengambil risiko, investasi, membangun teknologi dan platform, increase barrier to entry, dan produk yang defensible.

"Saat mulai scale, baru memikirkan profit," kata Willson.

East Ventures menyalurkan lebih atas US$ 6,7 miliar pendanaan lanjutan lagi lebih atas US$ 86 miliar annualized GMV senyampang kuartal I.

Seberlebihan 60% dari portofolio East Ventures menuju atau sudah memiliki EBITDA tepat. Selain itu, 90% mempunyai margin kontribusi tepat.